Laman

Jumat, 21 Mei 2010

Gesang, riwayatmu dulu...

Saya memang gak mengenal sosok Gesang secara pribadi. Tapi saya sudah tau Gesang dari saya masih anak-anak dulu.
Awalnya saya tau Gesang karna ayah saya dulu sering banget siul-siul nyanyiin lagu Bengawan Solo.
Reaksi pertama waktu saya tau dari ayah kalau yang nyanyi lagu Bengawan Solo itu namanya Gesang, saya langsung ketawa. Saat itu yang ada dalam bayangan saya, sosok Gesang itu orangnya kurus, kerempeng dan kulitnya hitam karna sering maen panas-panasan. Maklumlah namanya juga pemikiran anak-anak.... malu

Nama Gesang dan musik keroncong mulai terpinggirkan dari ingatan saya saat saya masuk SMP dan SMA dulu. Seperti remaja-remaja Indonesia pada umumnya, banyak dari kami yang lebih menyukai musik-musik yang lagi trend saat itu.. ck..ck..ck.. maap ya mbah... sad

Tapi setelah saya masuk kuliah beberapa tahun terakhir, ingatan tentang sosok Gesang pun kembali sedikit terbuka. Secara kebetulan, saya lupa dapat dari mana, ternyata di memori komputer saya ada satu folder yang berisi 14 lagu yang dinyanyiin sama Gesang. Saya memang gak bisa main musik dan gak mengerti apa-apa tentang musik, tapi yang saya tau ternyata cukup damai dan menenangkan juga saat nge-dengerin lagu-lagu itu. smile

Selain itu, semakin banyak pula berita-berita mengenai Gesang yang sering sengaja atau pun tidak sengaja saya lihat di televisi dan internet. Berita mengenai kesehatannya yang turun-naik, berita mengenai nasibnya di masa tua, berita mengenai karya-karyanya yang diaku-akui oleh orang asing, dsb.

Tapi kini sepertinya berita-berita mengenai kehidupan Gesang telah selesai. Kemarin, Kamis 20 Mei 2010, tepat di Hari Kebangkitan Nasional, Gesang menghembuskan nafasnya yang terakhir, setelah mengalami keaadaan kritis dua kali di rumah sakit.

Gesang memang telah pergi. Tetapi nama dan karya-karyanya akan tetap abadi, mengalir dari masa ke masa seperti Bengawan Solo.

Selamat Jalan Mbah Gesang, Selamat Jalan Maestro Keroncong Dunia.
berduka berdukaberdukaberduka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan kasih masukannya ya temen-temen ... :)